Keunikan Buah Naga Hitam

February 25, 2020 Uncategorized  No comments

Kebanyakan mungkin dari anda semuanya mengetahui bahwa kebanyakan buah naga yang sering kita jumpai ini mempunyai daging buah yang cenderung berwarna merah tua dan ada pula daging buah yang berwarna putih. Namun, perlu anda ketahui juga bahwa terdapat 1 jenis varietas lain dari buah naga yang ternyata memiliki daging berwarna hitam? Dan bagaimana bisa? Ya,buah naga hitam yang kami maksud hitam adakah pada bagian warna daging buah nya bukan di bagian kulit luar dengan penampilan berwarna hitam.

Keunikan Buah Naga Hitam

Buah naga hitam tentunya merupakan varietas yang tergolong sangat unik. dan juga mempunyai bentuk buah yang sedikit berbeda dengan jenis lain yakni sedikit  lonjong bulat dan cukup memikat untuk dilihat, mirip sekali dengan buah nanas. Warna kulit masih sama seperti buah naga pada umumnya yakni merah jambu dan juga mempunyai sulur atau duri halus di sekujur kulitnya. Jika dibandingkan dengan varietas buah naga warna  merah ataupun putih, maka untuk buah naga hitam ini mempunyai rasa yang dominan lebih manis dan menyegarkan. Berat rata-rata buah naga hitam ini mencapai 300—900 gr.

Baca Juga: Menurunkan Kolesterol Dengan Cabai Merah

Namun,meski demikian untuk saat ini persebaran akan tumbuhnya buah naga ini telah mencakup ke berbagai negara lain yang ada di dunia termasuk juga di negara Indonesia. Buah naga sendiri juga sangat banyak digemari karena memiliki rasa yang khas dan tentunya menyegarkan. Saat ini, di berbagai belahan dunia telah mengenal setidaknya ada 4 varietas unggul dari buah naga ini,antara lain Hylocereus Undatus, yakni jenis buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging buahnya berwarna putih cerah.

Lalu yang Kedua, adalah jenis Hylocereus Polyrhizus yang mempunyai buah berwarna merah muda dengan daging buah merah tua. Lalu jenis yang Ketiga adalah Selenicereus Megalanthus dengan kulit buah berwarna kuning cerah sedangkan daging buahnya putih pucat. Yang terakhir adalah jenis Hylocereus Costaricensis, buah naga dengan kulit berwarna merah dan daging buah merah pekat. Varietas yang terakhir inilah yang disebut The Black Dragon Fruit atau Buah Naga Hitam.

Buah naga hitam ini sebenarnya adalah jenis buah naga biasa dengan bagian daging berwarna merah. Namun, akibat adanya penggunaan pupuk khusus yaitu jenis pupuk natural hitam (campuran antara kotoran sapi, ampas jamu, cengkok cengkeh atau cengkeh sisa dari pabrik rokok, dolomit, dan abu sekam) maka penggunaan pupuk semacam ini akan merangsang untuk perubahan warna daging dari merah menjadi hitam pekat.

Fermentasi cengkok cengkeh atau cengkeh yang di dapat dari sisa pabrik rokok inilah yang membuat daging pada buah naga didominasi oleh warna hitam pekat. Dengan adanya fenomena semacam itu,maka kebanyakan Orang akan menyebutnya dengan sebutan buah naga daging hitam.

Secara umum, buah naga hitam sama saja dengan buah naga pada umumnya. Pada bagian kulit buah naga ini dominan berwarna merah gelap lengkap dengan bagian sisik yang berukuran besar yang khas dengan buah naga. Demikian juga untuk bagian pada pohon,yang masing-masing tidak jauh berbeda dengan pohon  buah naga yang sering kita lihat pada umumnya.

Perbedaan utama pada buah naga hitam ini hanya ada pada warna dagingnya yang sebenarnya tidak begitu hitam pekat, akan tetapi balutan warna merah yang sangat pekat dan tentu dari kejauhan pun sudah dikategorikan menjadi warna hitam. Sementara itu, untuk sistem budidaya buah naga hitam ini setidaknya kurang lebih hampir sama dengan budidaya buah naga lainnya. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>